Minggu, 24 Mei 2009

PEDULI LINGKUNGAN mulai dari dalam lingkup rumah tangga

Isu global warning memang harus menjadi kepedulian semua pihak tanpa terkecuali. Karena sebagai penghuni planet ini, kita semua harus bertanggungjawab terhadap kelangsungan hidup semua makhluk Tuhan yang ada di bumi. Peduli terhadap lingkungan berarti juga peduli terhadap sesama dan generasi di masa mendatang. Betapa bencana yang terjadi akibat kerusakan lingkungan. Tidak hanya sekedar bencana alam, seperti banjir, tetapi juga bencana lain yang berdampak pada semakin buruknya kualitas hidup manusia. Munculnya banyak penyakit, kondisi cuaca dan alam yang semakin tidak seimbang, sulitnya mendapatkan air bersih dan lain sebagainya.
Kepedulian kita terhadap lingkungan bisa di mulai dari lingkup yang kecil yakni rumah tangga. Hal-hal yang kecil jika di lakukan secara terus menerus juga akan menghasilkan sesuatu yang besar. Tidak ada kata percuma untuk melakukan sesuatu yang baik meskipun itu sangat kecil, yang penting kita harus memulai dari diri kita sendiri. Rata Penuh
Apa yang bisa kita lakukan untuk peduli terhadap lingkungan dari dalam lingkup kecil rumah tangga? berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk kelestarian alam dan kelangsungan bumi ini.
  1. Pergunakan listrik seperlunya. Matikan jika memang sudah tidak di gunakan.
  2. Meminimalisir penggunaan plastik. Ingat plastik sangat sulit teruari. Selalu membawa kantong plastik ketika berbelanja. Selalu membawa botol air minum sendiri. Menggunakan botol dari kaca yang bisa digunakan berkali-kali dan lain sebagainya. Coba bayangkan, berapa plastik yang akan kita buang jika kita selalu mendapatkan kantong plastik saat berbelanja dalam sehari, sebulan , setahun. Dengan kita selalu membawa kantong plastik setiap berbelanja, kita sudah mengurangi pencemaran lingkungan.
  3. Meminimalisir penggunaan pampers pada bayi. Keinginan untuk praktis bagi masyarkat modern memang seringkali mengesampingkan ramah terhadap lingkungan. Pampers juga salah satu bahan yang sangat sulit terurai. Penggunaan pampers lebih baik diminimalisir dengan menggunakannya jika memang kondisi sangat diperlukan misalnya saat bepergian. Sebaliknya jika di rumah penggunaan pampers bisa di ganti dengan menggunakan popok kain yang di bungkus plastik dan bisa berkali-kali pakai dengan dicuci. Tidak hanya ramah terhadap lingkungan tetapi juga ramah terhadap finansial keluarga, disamping juga aman untuk bayi.
  4. Hemat air. Segera ganti kran air bocor. Kalaupun belum sempat mengganti, taruh ember di bawahnya untuk menampung air dari kran yang bocor tersebut. Setetes demi setetes air akan memenuhi ember tersebut, bahkan akan melebihinya. Bayangkan jika air tersebut tidak kita tampung, anda akan memerlukan berapa ember untuk menampungnya. Sementara di tempat lain banyak orang kekurangan air.
  5. Tanam pohon di lahan-lahan yang kosong atau di atas pot bagi yang tidak mempunyai lahan yang luas.
  6. Tidak menggunakan AC. tetapi ganti dengan kipas angis.
  7. Ajarkan kepada anak kita untuk mencintai lingkungan sejak dini. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya dan lain-lain.
  8. Kurangi penggunaan parfum.
  9. Pisahkan antara sampah basah dan kering, kalau memang bisa buatlah kompos dari sampah rumah tangga.
  10. Berusaha untuk tidak menggunakan bahan sekali pakai.
  11. Meminimalisir penggunaan motor atau mobil. Jika bepergian cukup motor mengapa harus memakai mobil? berapa banyak bahan bakar yang dapat kita hemat jika kita memakai motor. Jika kita bisa melakukan sesuatu di dalam rumah tanpa transportasi, mengapa harus keluar rumah?
Hal-hal di atas sangat mungkin bisa kita lakukan di dalam rumah dan mempunyai dampak yang luar biasa untuk lingkungan kita. Untuk itu mulai sekarang, mulailah dari kita sendiri. Sekali ingat, hal-hal kecil yang selalu kita lakukan secara konsisten akan mempunyai dampak yang sangat besar bagi kelangsungan kehidupan di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar